KEJUJURAN

Oleh. Muna Mushofa

Asssalamu’alaikum Wr. Wb.
Muqoddimah
Kepada yang terhormat KH. Khoirul Faizin Abdar Lc, M.Pd selaku kepala Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri
Yang kami hormati bapak/ibu dewan guru Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri
Dan teman-teman yang saya banggakan.
            Awal kata marilah kita panjatkan puja dan puji syukur yang mana telah melimpahkan kita taufiq hidayah serta inayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam majlis yang insya Allah Mubarak ini. Amin.
Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa’atul udzmanya di yaumul kiyamat kelak.
Para  hadirin yang berbahagia
            Berkata jujur sangat dianjurkan bahkan diwajibkan bagi kita dalam bergaul dengan sesama. Berkata jujur adalah bicara/menyampaikan sesuatu sesuai fakta. Jika kita jujur, kita tidak boleh pilih-pilih, kepada siapapun, kapan pun dan dimana pun. Karena dengan kejujuran kita akan selamat dan juga menunjukkan bahwa kita meneladani sifat para rosul.
            Kalaupun hal yang akan kita katakan itu sesuatu yang pahit untuk diucapkan, kita harus tetap mengatakannya. Seperti pada hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya “katakanlah walaupun itu pahit”
Kalau kita paksakan untuk berbohong sekali saja. Maka, untuk selanjutnya kita akan terus berbohong sehingga kebohongan akan terus kita lakukan.
            Padaha berkata bohong atau dusta termasuk salah satu tanda-tanda orang munafiq, rosulullah bersabda.
آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
Yang artinya :
(Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat”. ) (HR Bukhari)

            Untuk itu, apakah anda berkenan dianggap sebagai orang munafik? Tentu tidak bukan? Maka berkatalah jujur. Jadi, janganlah sekali-kali kita berkata bohong supaya kita dapat dipercaya orang lain.
            Demikian sekelumit rangkaian kata dari saya. Apabila terdapat kata yang tidak berkenan di hati anda. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wasssalamu’alaikum Wr. Wb.


sumber: http://semakinra.me/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »